Kamis, 13 Juni 2013

5 Menit Membuat Website Gratis

5 Menit Membuat Website Gratis

Hanya dengan beberapa langkah cepat dan mudah, sekarang kita sudah dapat membuat website sendiri. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, maka servis-service pembuatan website instant pun banyak bermunculan. Dibawah ini beberapa servis website builder populer yang patut dicoba :
  1. Weebly
  2. Jimdo
  3. Tumblr
  4. Google Sites
  5. Posterous Spaces (update: Posterous is closing down on April 30, 2013)
Berikut review service terbaik untuk membuat website gratis :

Weebly | www.weebly.com

Membuat website dengan Weebly sangat mudah, cukup masukkan nama project lalu memilih jenis situs yang ingin dibuat. Pilihan meliputi Pribadi, Bisnis, Pernikahan, Portofolio serta lainnya. Weebly menyediakan hosting website secara gratis, kita juga bisa mendaftarkan domain baru atau menggunakan domain yang sudah ada pada Weebly.
Editor berbasis tabulasi mempermudah melakukan berbagai task. Ini termasuk fitur ‘drag and drop’, memilih desain situs  berbeda (mengubahnya sesuai kebutuhan), menambahkan dan mengelola per halaman, serta mengedit pengaturan situs. Selain itu juga terdapat fasilitas user management yang dapat digunakan agar orang lain dapat mengedit situs sesuai dengan hak yang kita atur.
Fitur ‘drag and drop’ pada saat meng-edit mencakup bagian paragraf, gambar, video, contact form, kolom serta iklan Google AdSense (sharing hasil pendapatan dengan Weebly). Kita juga dapat memasukkan fitur multimedia, seperti galeri foto, slideshow, video YouTube juga Google Maps, serta menambahkan fungsi lainnya, seperti feed reader, forum, dan juga jajak pendapat. Weebly juga secara otamatis melakukan optimalisasi halaman website yang telah kita buat untuk tampilan versi ponsel/tablet.
Tapi untuk menambahkan feed Twitter atau badge Facebook, harus dilakukan secara manual melalui elemen HTML Custom, mungkin bagi sebagian pengguna awam tidak begitu paham.

Jimdo | www.jimdo.com

Tidak seperti Weebly, Jimdo menawarkan elemen sosial media yang populer, sehingga kita dapat dengan cepat menambahkan tombol Facebook Like, Twitter Stream dan tombol berbagi berbagai halaman. Sebuah sidebar memungkinkan mengatur tata letak, style yang berbeda, dan menghubungkannya ke akun Twitter, sehingga followers akan dapat mengikuti update website kita.
Sidebar ini juga memungkinkan untuk pengaturan situs dan pengguna, memonitor berapa banyak kapasitas penyimpanan yang telah gunakan. Anda mendapatkan 500MB Free Storage, tidak seperti Weebly yang menawarkan unlimited Free Storage.
Banyak fitur yang dapat dimaksimalkan di Jimdo, seperti penggunaan domain sendiri, melihat statistik pengunjung dan optimalisasi situs pada search engine, hanya saja tersedia dalam versi berbayar dengan biaya mulai dari £60 per tahun.

Tumblr | www.tumblr.com

Meskipun lebih merupakan website blogging, Tumblr tergolong cara ampuh menciptakan website pribadi. Kemudahan dalam merancang dan mengatur situs/blog, melakukan posting berupa teks, foto, link, audio/video dengan mengklik ikon di bagian atas dashboard menjadi kenyamanan tersediri dalam menggunakan Tumblr. Seperti kebanyakan website blogging Tumbrl juga dapat mengatur publikasi posting sesuai yang kita inginkan, berbagi di social media pun sangat mudah.
Stream di dashboard menunjukkan semua posting Anda, serta pemberitahuan bila ada seseorang me-’reblog’ postigan kita. Hal tersebut membuat Tumblr dapat dikatakan sebagai sosial media karena membuatnya mudah bagi blogger mengikuti satu sama lain.
Seperti Weebly dan Jimdo, Tumblr mengoptimalkan situs untuk tampilan pada iPhone dan handset Android. Tumblr memiliki pilihan standard pada themes-nya. Batasan 15 posting per halaman adalah hal yang sedikit mengganggu, walaupun jumlah tersebut rasanya sudah cukup untuk sebuah website, aneh rasanya kalau kita dapat mengimport kontak melalui Gmail atau Yahoo, tetapi biasa tidak melalui Facebook.

Google Sites | sites.google.com

Pilihan templates pada Google Sites tersedia bila kita ingin membuat website mulai dari halaman kosong atau menggunakan salah satu template yang ada. Toolbar di bagian atas dapat digunakan untuk mengedit dan menambahkan lebih banyak halaman. Email Subscribe, Pengaturan Halaman, mendaftar ke AdSense, serta mengatur pembatasan hasil pencarian website.

Posterous Spaces | posterous.com

Seperti Tumblr, Posterous dapat digunakan untuk saling berbagi konten. Kita dapat mengubah tema, membuatnya publik atau pribadi. Layanan ini juga akan otomatis mengirimkan konten ke blog lain atau sosial media. Posterous menyediakan untuk iPhone dan Android sehingga kita dapat melakukan update pada website secara mobile.
Selain kelima servis di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang lain, sebut saja, Checkthis dan Moonfruit. Semoga bermanfaat bagi yang ingin belajar membuat website gratis dengan cepat.

DMCA.com

Tidak ada komentar:

Stay Connected

Translate Lenguage